Berita

Dua Hari Ini, ASN Pemerintah Aceh Kumpulkan 167 Kantong Darah

REPORTASE, BANDA ACEH – Petugas PMI Kota Banda Aceh kembali berkunjung ke kantor Satuan Kerja Perangkat Aceh untuk melakukan donor darah rutin SKPA. Sejak kemarin dan hari ini, PMI berhasil mengumpulkan darah sebanyak 167 kantong darah di 4 SKPA, yaitu dari Dinas Energi Sumberdaya Mineral  Aceh, Dinas Peternakan Aceh, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dan Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DTKA) yang mendapat giliran mendonor darah.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny, usai pelaksanaan donor darah di BPBA dan DRKA, Kamis (28/1/2021).

“Alhamdulillah, sejak kemarin petugas PMI berhasil mengumpulkan sebanyak 167 kantong darah dari 4 SKPA. Kemarin kita ke Dinas Peternakan dan Dinas Energi Sumberdaya Mineral Aceh. Hari ini, giliran ASN BPBA dan DRKA yang kita kunjungi,” ujar Qamaruzzaman.

Qamaruzzaman merincikan, di Dinas ESDM, PMI berhasil mengumpulkan darah sebanyak 40 kantong yang terdiri dari 8 kantong darah A, 11 kantong darah B, 5 kantong darah AB dan 16 kantong darah 0.

Sedangkan pada Dinas Peternakan Aceh, terkumpul sebanyak 46 kantong darah, yang terdiri dari 12 kantong darah A, 7 kantong darah B, 4 kantong darah AB dan 33 kantong darah O.
Sementara itu, di BPBA berhasil dikumpulkan darah sebanyak 45 kantong, yang terdiri dari darah golongan A sebanyak 16 kantong, darah B sebanyak 7 kantong, AB sebanyak 2 kantong dan darah O sebanyak 10 kantong.

Sedangkan pada DRKA, tim PMI berhasil mengumpulkan darah sebanyak 36 kantong, yang terdiri dari 8 kantong darah A, 9 kantong darah B, 3 kantong darah AB dan 16 kantong darah O.

Qamaruzzaman mengapresiasi gerakan donor darah sukarela para Aparatur Sipil Negara di jajaran Pemerintah Aceh, yang digagas oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Kami sangat mengapresiasi Gubernur Aceh Pak Nova Iriansyah, yang telah menginisiasi gerakan sukarela donor darah ASN Pemerintah Aceh. Berdasarkan data tahun 2020 lalu, ASN Pemerintah Aceh bersama personil TNI saja sudah mampu memenuhi 70 persen kebutuhan darah di Bumi Serambi Mekah. Kami sangat bersyukur karena gerakan ini terus berlanjut di tahun 2021 ini,” imbuh Qamaruzzaman.

Qamaruzzaman berharap, gerakan sukarela para ASN di jajaran Pemerintah Aceh ini dapat menginisiasi dan menggerakkan masyarakat umum untuk turut berdonor darah secara rutin.

“Semoga inisiasi Gubernur Aceh ini dapat menggerakkan masyarakat umum untuk turut berdonor darah secara sukarela. Semakin banyak yang berdonor maka kebutuhan darah akan selalu terpenuhi. Selain itu, berdonor darah akan berimbas baik bagi tubuh, sirkulasi darah menjadi lancar dan baik, karena terus diperbaharui. Jadi, selain bermanfaat bagi orang yang membutuhkan, rutin berdonor juga menyehatkan tubuh kita,” pungkas Qamaruzzaman Hagny.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan, donor darah rutin akan terus berlanjut karena kalender donor darah SKPA sudah disusun sejak tahun lalu.

“Sesuai instruksi pimpinan, donor darah sukarela ASN di jajaran Pemerintah Aceh masih akan terus berlanjut. Kalender donor darah SKPA bahkan sudah disusun sejak tahun lalu. Jadi, setiap 2 bulan atau 60 hari, petugas PMI akan berkunjung ke SKPA sesuai giliran masing-masing,” kata pria yang akrab disapa Bang Wanto itu.[]

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Berita

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *