Uncategorized

Penampakan Gerhana Bulan Total di Wilayah Sumatera Barat

Reportase, Sawahlunto – Sumatera Barat juga sebagai salah satu wilayah yang dapat melihat gerhana bulan total yang terjadi pada hari ini Rabu, 26 Mei 2021. karena gerhana bulan ini hanya terjadi setiap 195 tahun.

Pada fenomena gerhana bulan total ini, bulan akan terlihat berwarna merah atau kita kenal dengan sebutan “super blood moon”. Sebab posisi bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi, maka bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa.

Gerhana Bulan ini terjadi pada fase awalnya pada pukul 18.20. Kemudian Gerhana Bulan yang berakhir pukul 20.51 WIB, yang juga bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Seluruh proses gerhana, sejak fase awal  hingga fase akhir berlangsung total lebih kurang selama 5 jam. Sedangkan proses gerhana totalnya itu sejak awal fase total sampai akhir fase total, itu berlangsung selama kurang lebih 19 menit.

Untuk wilayah Sumatera Barat, ada empat wilayah yang bisa menyaksikan Gerhana Bulan Total secara full, yakni Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Dharmasraya.

#Sumatera Barat #Sawahlunto –(Fatimah Azzahra)

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *