BeritaKomunitasNasional

Suherman Terpilih Sebagai Pustakawan Berprestasi Aceh

BANDA ACEH – Perwakilan UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Suherman SAg SIP MEc terpilih sebagai juara pertama dalam lomba Pustakawan berprestasi se-Aceh tahun 2021.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat keputusan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh berdasarkan penilaian dewan juri yang diketuai oleh Nazaruddin Musa MLIS selaku Ketua PD IPI Aceh, Yusrawati SPd SIP MIP dari Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Charlis Siana Rosita SSos dari Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang diumumkan pada hari penutupan lomba pustakawan berprestasi se Aceh tahun 2021, Selasa (22/6/2021) bertempat di Aula gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh.

 

Sementara untuk juara kedua diraih Badratun Nafis SIP, Pustakawan UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dan juara ketiga diraih oleh Marlina, A.Md Pustakawan SMAN 1 Kabupaten Aceh Barat.

 

Selanjutnya, juara harapan satu diraih oleh Aidina Fitria, S.Sos dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bener Meriah, Juara harapan dua diraih oleh Cut Rosmiza AMd Pustakawan dari SMKN 1 Kota Lhokseumawe dan Mukhtaruddin SPi dari SUPM Ladong Aceh Besar sebagai juara harapan tiga.

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr Edi Yandra SSTP MSP mengucapkan selamat kepada pustakawan berprestasi Aceh tahun 2021 yang terpilih dan ia berharap semoga prestasi yang telah diraih ditingkat provinsi mampu membawa harum nama Aceh ditingkat Nasional.

 

Dalam kesempatan tersebut, ia mengingatkan bahwa keberhasilan perpustakaan sangat ditentukan oleh pustakawan yang berkiprah, bekerja secara profesional dan memiliki kompetensi yang benar-benar dibutuhkan oleh Perpustakaan dan pemustakanya.

 

“Pustakawan harus memahami bahwa profesi yang dipilih adalah profesi yang mulia dan harus memiliki kebanggaan terhadap pilihan profesi yang sudah kita pilih, sehingga dengan memiliki kebanggaan terhadap profesi pekerjaan kita akan mampu menghadapi persaingan dan mengembangkan potensi yang ada pada diri kita sendiri,”kata Edi Yandra saat membuka acara lomba pustakawan berprestasi se Aceh tahun 2021, Senin (21/6) di Aula Dispusip Aceh.

 

Sementara itu, Suherman MEc usai terpilih sebagai pustakawan berprestasi Aceh tahun 2021 mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah memberikan amanah kepadanya untuk menjadi perwakilan Aceh pada lomba pemilihan pustakawan berprestasi tingkat Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 5-11 September 2021 mendatang di Jakarta.

 

“Pustakawan harus mampu membranding diri dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang berdampak nyata dikalangan masyarakat yang dilayani sehingga mampu membangun imej positif terhadap profesinya,”kata Suherman usai ditetapkan sebagai juara pertama lomba pustakawan berprestasi se Aceh tahun 2021.

 

Dengan demikian, kata Suherman yang merupakan lulusan dari Yamaguchi University Jepang eksistensi pustakawan akan lebih dikenal dan diakui oleh masyarakat luas serta tidak lagi dipandang sebelah mata.

 

“Pustakawan harus terus berinovasi dan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dibidangnya sehingga mempunyai daya saing dan mampu mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah,”kata Suherman.

 

Sebelumnya, kabid pembinaan, pengembangan dan pengawasan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Mustika Hayati SSos MM mengatakan bahwa kegiatan pemilihan pustakawan berprestasi se Aceh merupakan salah satu agenda rutin setiap tahunnya termasuk lomba perpustakaan sekolah dan perpustakaan gampong dan lomba bertutur bagi murid SD/MI.

 

“Kegiatan lomba pemilihan pustakawan berprestasi dan lomba perpustakaan sekolah dan gampong merupakan kegiatan kerjasama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dengan Perpustakaan Nasional dan instansi terkait melalui dana dekonsentrasi,”kata Mustika.

What's your reaction?

Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0

You may also like

More in:Berita

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *